Minggu, 07 Juni 2009

kehidupan manusia "seumpama sebuah pohon"


Suatu saat ada sebuah pohon mengadakan rapat tertutup ,dengan pokok pembahasan , tentang siapa yang paling terpenting dari sebuah pohon , dalam rapat dihadiri oleh si daun,si batang ,dan si akar ,serta ulat jadi moderator .Akhirnya rapat di mulai ,dan semua bagian pohon masing-masing meggeluarkan pendapatnya:

Kata daun
aku lebih utama ,karena aku terletak paling tinggi pada pohon ,sehingga pada saat ada musuh, aku yang duluan lihat,juga saat sinar matahari bersinar saya yang duluan menerimanya,dan juga saya yang selalu memasak buat sebuah pohon.!!!!

Kata batang
aku lebih penting ,karena ada aku kamu bisa berdiri tinggi , juga menahan pohon saat badai dan hujan besar sehinnga tak dapat tumbang ,dan lewat saya bahan-bahan makanan di antar ke seluruh bagian pohon ,dan adaka burung-burung besar yang mau bertengger pada kalian ,mungkin hanya serangga yang mau.!!!!

Kata akar

Eh…siapa shi yang menahan kalian sehingga kalian bisa berdiri ditanah dengan sombong!! aku yang selalu mencari makanan,dan minuman buat kalian ,jika aku memilih makanan yang mengandung racun, kalian pasti mati semua dan tidak bisa jadi pohon yang besar.meskipun aku tidak kelihatan tetapi aku yang paling penting dari sebuah pohon.!!!!

Jadi siapa di antara kalian yang paling terpenting dari pohon ? kata moderator ulat.

Semua.diam sejenak dan sepertinya mereka sedang berpikir keras .

Beberapa saat belalu kemudian, sepertinya mereka sadar semua bahwa mereka saling membutuhkan dan ada kelemahan pada tiap mereka..

Kata daun
Kita semua penting dari sebuah pohon ,sebab aku bisa ada karena kalian ada .
Jika aku kering dan layu pasti akan berguguran di tanah dan di injak -injak orang.!!


Kata batang
Aku, juga jika ada badai dan hujan besar aku pasti bisa patah ,dan walaupun aku sudah tinggi aku akan di tebang jadi kayu bakar.!!


Kata akar

Benar juga jika ada longsor aku pun akan tercabut ,dan jika di manusia menebang pohon aku pasti bisa kering.!!

Akhirnya ketiganya beri kesimpulan bahwa mereka tidak ada yang lebih dan pasti ada kekurangan dari mereka .
Dari sebuah perumpamaan ini kita manusia bisa mempelajari bahwa dalam suatu kehidupan di dunia ini tiada yang perlu kita sombongkan dari kita,karena ada pepatah diatas langit pasti ada langit,dan hidup manusia di umpamakan seperti sebuah ban roda yang berputar ,ada waktunya diatas dan ada saatnya dia di bawah.
kita merupakan makhluk hidup social ,yang tak bisa hidup sendirian.

Demikian juga dalam sebuah perjungan ,jangan sekali-kali berkata bahwa saya yang paling berperan penting dalam perjuangan ini,sebab itu kata yang dapat meghancurkan perjungan kalian.karena dalam suatu perjuangan kita bekerja sesuai dengan tugas dan bagian masing-masing sesuai dengan talenta kelebihan yang ada .sebab tidak mungkin kita semua bekerja dalam satu pekerjaan.apa jadinya kerja itu.
Kerja sama dan kompak itu tang penting



Karya : Mianus.yarinap
Tujuan : untuk kita semua sama
Sumber : dari hati dan pikiran ku
For : yang sedang berjuang




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saya menerima komentar anda